Rabu, 26 Maret 2014

Dampak positif dan Negatif Gadget untuk anak-anak

Peranan gadget di dalam sebuah keluarga semakin penting. Teknologi yang ditawarkan gadget bermanfaat besar untuk membangun perhatian dan kebersamaan di antara selingan jarak dan waktu. Di sisi lain, gadget semakin menawarkan berbagai fitur menarik. Anak pun terbiasa lebih memilih teknologi sebagai teman yang selalu ada buat mereka.

Kekhawatiran yang timbul yaitu interaksi langsung antara anak dan orangtua dapat memudar dan berakhir dengan hilangnya momen kebersamaan. untuk mencegah kualitas momen kebersamaan keluarga agar tidak memudar akibat teknologi, orangtua harus mempunyai batasan dan wawasan yang cukup agar teknologi dapat digunakan secara bijak karena orangtua bertanggung jawab atas setiap informasi yang diterima oleh anaknya melalui teknologi.

Sebelum memperkenalkan gadget pada anak, ada baiknya Anda mengetahui dampak positif dan negatif dari sebuah kecanggihan teknologi.

Dampak Positif:
1.    Membangun komunikasi yang terpisah jarak dan memantau keadaan sesama anggota keluarga.
2.    Membantu orangtua untuk mengingatkan jadwal kegiatan anak.
3.    Fitur gadget, seperti alarm atau reminder, bisa mengingatkan orangtua untuk meninggalkan rutinitas sejenak untuk bermain dengan anak.
4.    Meningkatkan wawasan dan kemampuan berpikir strategi anak.
5.    Mempelajari kemampuan berbahasa lain dengan cepat.

Dampak Negatif:
1.    Menimbulkan ketergantungan teknologi pada anak yang menghambat aktivitas fisik. Hal ini menjadikan keterampilan motorik anak kurang terasah, yang pada akhirnya menimbulkan berbagai keluhan tentang kemampuan belajar anak.
2.    Membuat anak kurang mengeksplorasi dunia emosi pribadi yang menyebabkan kedalaman emosi kurang berkembang.
3.    Kurangnya momen kebersamaan yang berkualitas karena orangtua dan anak sibuk dengan gadget masing-masing.
4.    Kemampuan anak dalam bersosialisasi menjadi kurang baik dan menjadi antisosial karena sudah menemukan dunia sendiri.
5.    Dengan bantuan internet dan tanpa pengawasan, anak bisa mendapat informasi yang tidak diperlukan bahkan berbahaya untuk mereka.


refrensi :
http://www.bestlife.co.id/lifestyle/the.good.life/kenalkan.teknologi.pada.anak.secara.bijak/004/001/88

Tidak ada komentar:

Posting Komentar