Selasa, 15 Juli 2014

5 Hal Yang Harusnya Gak Dibisnisin

Bisnis yang berasal dari kata bahasa Inggris Business, dari kata Busy yang berarti "sibuk" merupakan suatu kegiatan atau aktivitas yang mendatangkan keuntungan. Belakangan orang semakin kreatif, apapun bisa dibisnisin dan mengasilkan uang, contohnya adalah menulis 140 kata di twitter. Trus kalau keseharian kamu cuma ngupil doang lalu mendapatkan uang, maka ngupilnya kamu bisa dikategorikan sebagai bisnis. Enak banget kan?
Walaupun berbisnis itu enak karena mendatangkan uang, tetep aja ada beberapa hal yang rasanya agak kurang layak buat dibisnisin.

1. Kesehatan
Kamu tau kan buat jadi orang sehat sekarang itu mahal banget? Kamu sakit dan masuk UGD aja harus bayar uang muka dulu biar bisa ditanganin. Trus kalau kamu gak punya uang gimana? Ya udah didiemin aja palingan. Lantas muncul lah apa yang disebut sebagai asuransi kesehatan yang bisa mengatasi masalah tersebut. Tapi sekali lagi, kita harus bayar premi setiap bulannya, dan itu pun harganya gak kecil. 
Yap, kesehatan udah jadi salah satu bisnis yang sangat menggiurkan. Karena pada dasarnya orang pasti pengen tetep sehat, akhirnya orang rela ngeluarin banyak uang untuk jadi sehat. Itu kalau kamu punya uang banyak. Gimana kalau ternyata kamu orang susah? Yaudah bedoa aja seumur hidup gak pernah sakit dan gak terkena musibah.
2. Pendidikan
Siapa sih yang gak pengen dapet pendidikan? Kaskuser rasa semua orang pastinya pengen dong jadi orang yang pinter, gak main asal komentar padahal belum tau permasalahannya. Karena itulah orang-orang rela memburu pendidikan. Ngeliat gelagat ini, mulai deh tuh bisnis pendidikan rame. Ada sekolah yang pake embel-embel internasional, sekolah untuk anak-anak usia dini, les ini, les itu, dan semuanya itu harganya mahaaaaaal.
Padahal ya yang namanya pendidikan itu harusnya mah digratisin aja, mulai dari TK sampe kuliah biar negaranya maju. Ya kalaupun harus bayar, gak perlu sampe seharga jual tanah lah.
3. Pembajakan
Pembajakan aja udah salah, apalagi kalau abis itu hasil bajakanya kamu jual lagi, itu udah dobel kesalahan. Tapi kenyataannya kan banyak tuh orang yang donlot-donlot film,lagu atau software secara ilegal, trus hasil donlotannya itu kemudian di jual lagi. Ini jelas bisnis yang sebaiknya jangan diterusin sih. Kenapa? ya karena kamu udah mengambil hak orang (pembuat karya yang kamu bajak). Padahal orang tersebut buat karyanya gak gampang. Perlu ide, waktu, dan tentunya uang untuk jadiin karya tersebut. Terus pas karyanya udah jadi, kamu tinggal enak aja gitu ngambil paksa, menjualnya ke orang lain (tanpa seijin pembuat) dan mendapatkan keuntungan. Jahat banget sih kamu.
4. Lahan Kuburan
Di Jakarta itu cari tempat untuk tidur udah susah. Kalau buat tidur yang gak permanen itu harganya udah mahal banget. Nah, tempat untuk tidur yang permanen sih harusnya harganya gak mahal, tapi karena lokasinya udah semakin padat (beberapa ada yang digusur) akhirnya tempat manusia tidur untuk selamanya ini pun jadi mahal.
Melihat kondisi kayak gini, ada tuh orang yang nawarin lahan kuburan dengan ditambah fasilitas yang kece. Ya udah tentu harganya pasti mahal. Pertanyaannya, emangnya orang meninggal masih mikirin apa kuburan dia harganya berapa? Malu sama kuburan sebelah yang ternyata tanahnya made in Swiss? Kan nggak. Jadi buat apa coba lahan kuburan dijadiin bisnis?
5. Kesedihan
Mengingat jumlah orang yang merasa hatinya disakiti semakin banyak, maka kesedihan pun akhirnya menjadi bisnis yang cukup menggiurkan. Coba deh kamu peratiin balakagan lagu-lagu (terutama Indonesia) yang dirilis, temanya pasti tentang kesedihan. Mulai dari diputusin, diselingkuhin, sampai LDR.
Selain itu, televisi kita juga seneng banget tuh ngasih liat yang adegan nangis-nangis, mau apapun acaranya. Pencarian bakat nyanyi, yang dijual juga sedih-sedihan pas ada yang dieliminasi. Acara gak jelas pake hipnotis segala, ujung-ujungnya jual kesedihan juga. Akhirnya orang-orang pun mengkonsumsi kesedihan-kesedihan tersebut, yang berakibat pada kesedihan permanen. Hebatnya lagi, kesedihan ini juga lah yang dijual oleh presiden kita yang sebentar lagi mau habis masa jabatannya, SBY, lewat kata "Saya perihatin". Akhrinya, negara kita pun jadinya menyedihkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar